jerbasukimawabea

Minggu, 25 Januari 2015

jalan-jalan ng-camp untuk refreshing

 HIKING adalah aktivitas sehari dalam beberapa jam saja melalui medan mendaki yang tidak terlalu tinggi dan tidak rata. Biasanya untuk tingkatan basic jarak yang dapat ditempuh mulai dari 5 km hingga 13 km jalan berpasir, tanah atau lumpur di atas ketinggian sekitar 457m dpl. Kemudian untuk selanjutnya (intermediate hike) biasanya jarak yang ditempuh sekitar 13 km hingga 22.5 km dengan medan ketinggian sekitar 457 – 1067m dpl. Sementara yang lebih dari itu (advance hike) melakukan perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 22.5 km hingga 48 km dengan ketinggian lebih dari 1067m dpl. Biasanya tas pundak yang dibawa dalam aktivitas hiking dari basic hingga advance berkisar 4.5 kg hingga 9 kg untuk minuman dan snack.

TREKKING adalah serangkaian harian aktivitas hiking yang simultan bermalam di penginapan lokal (huts) atau tenda/shelter. Bawaan yang kita bawa biasanya untuk makan utama, snack, kamera, air, jaket dan pakaian sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Sementara perlengkapan tidur termasuk tenda, pakaian cadangan, bahan bakar, dan lain-lain dibawakan oleh pengangkut barang/porter. Trekking lebih banyak memakan biaya dibanding hiking dan membutuhkan endurance yang lebih dengan masa pemulihan (recovery) yang lebih minim.

BACKPACKING adalah aktivitas perjalanan menginap beberapa hari bahkan berminggu-minggu yang mengharuskan pegiatnya membawa sendiri segala kebutuhannya selama perjalanannya. Biasanya perjalanannya melintasi beberapa desa hingga daerah terpencil



Tidak ada komentar:

Posting Komentar